HAPPY KARTINI’S DAY!

PEREMPUAN UNTUK MASA KINI DAN NANTI

21 April merupakan hari yang diperingati sebagai hari lahirnya R.A Kartini. Seorang wanita yang kita kenal sebagai perempuan tangguh yang memiliki jiwa pejuang yang sangat kuat, memiliki kecerdasan, memiliki gagasan untuk melawan segala keterbatasan para perempuan dalam mengembangkan segala kemampuannya. Berharap penuh bahwa wanita pun mampu dan selayaknya memiliki hak yang sama untuk tetap berkarya, tetap berusaha menjadi generasi muda yang bersaing secara baik melalui segala kemampuannya di panggung dunia secara global. Berbicara tentang Kartini tentu kita juga akan berbicara tentang perempuan. Karena disini perempuan, merupakan sosok utama  yang telah diperjuangkan oleh pahlawab wanita dinegeri kita R.A Kartini.

Perempuan merupakan sosok manusia yang dipandang sebagai figur penting dalam memajukan bangsa dan negara. Berbicara tentang perempuan masa kini, masih adakah perempuan yang terpingitkan seperti masa – masa di kehidupan Kartini? Masih adakah wanita yang mendaptkan kecaman dari pihak – pihak tertentu untuk mengembangkan segala kemampuan yang ia punya? Jawabannya mungkin. Mungkin iya, mungkin tidak. Melihat sosok perempuan masa kini, membuat saya berekspresi senyum dan sedih didalam hati. Ini merupakan ekspresi rasa bangga saya SEKALIGUS rasa kecewa yang mendalam melihat kondisi perempuan masa kini.

Rasa bangga yang saya ekspresikan, tercermin dari para perempuan yang telah mampu menunjukkan kemampuan dan eksistensinya disegala bidang. Hingga kini kita tahu bahwa perempuan telah ikut andil menjadi anggota bahkan pemimpin dalam bidang – bidang pemerintahan. Lebih dari itu, ternyt perempuan memang terlihat mampu bersaing disegala bidang tidak hanya bidang pemerintahan, ternyata segudang prestasi di bidang akademik dan non – akademik juga dtorehkan oleh perempuan – perempuan di Indonesia.

Melihat hal ini tentunya tak lepas dari perjuangan Kartini yang sellau memberikan kontribusi gagasan – gagasan dan tindakan revolusioner yang memberikan pemikiran dan gebrakan baru akan nasib para perempuan di Indonesia. Bgaimanapun bagi saya, perempuan yang telah mampu memberikan kontribusi bagi masyarakat, bangsa dan negaranya adalah para perempuan berkualitas yang memanfaatkan dengan baik segala sesuatu fasilitas baik dari kesempatan (chance), kemampuan (ability), serta sarana dan prasarana dalam hal ini adalah masyarakat sebagai media, lembaga – lembaga pendidikan, bidang pemerintahan, dan lain – lain.

Disamping rasa bangga yang tak terkira, saya juga menyatakan rasa kecewa terhadap perempuan sebagai salahsatu bagian dari generasi penerus yang ada pasa saat ini. Bukan hal yang baru jika kita melihat fenomena masyarakat yang ada sekarang, bahwa sebagian perempuan masih saja terhambat untuk mengembangkan kreativitas / kemampuan yang ada pada dirinya. Menurut saya, bukan karena apa – apa mereka yang tidak mampu mengembangkan kreativitas dan kemampuannya tetapi juga dikarenakan mereka yang tidak memiliki kesempatan baik untuk memanfaatkan waktu aktivitasnya dalam mengenyam pendiidkan sebagaimana mestinya. Bahkan beberapa orangtua pun lebih menuntuk kewajiban mereka untuk ikut andil dalam pencarian nafkah dibandingkan dengan mementingkan hak mereka untuk memperoleh pendidikan dan mengembangkan segala kemampuan yang ada pada mereka masing – masing. Ironi sekali memang, melihat kenyataan bahwa keadaan tidak memihak pada generasi – generasi penerus seperti ini untuk mengembangkan diri mereka dan bersaing di era globalisasi, kelak.

Akan lebih sangat disayangkan lagi bahwa mereka yang memiliki kesempatan tetapi tidak memiliki pemikiran yang maju untuk memanfaatkan kesempatan tersebut sebagai media pengembangan diri akan bakat, kreativitas, gagasan yang inovatif untuk modal bersaing secara sehat di masa depan yang tentunya persaingan ini akan sangat membutuhkan generasi – generasi berkualitas demi membangun kembali dan memajukan masyarakat pada khususnya serta bangsa dan negara pada umumnya.

Lalu, apabila bercermin di kaca mata masa depan nanti, pertanyaan yang timbul di fikiran saya saat ini adalah bagaimana perempuan di masa depan, nanti ? Akankah kita sebagai generasi muda akan mampu bersaing untuk ikut andil dalam era globalisasi yang penuh dengan pengaruh negatif dan positif yang begitu kuat? Akankah para perempuan di Indonesia mampu untuk tetap menjaga eksistensinya pada hal – hal yang positif disegala bidang?

Jawabannya, ada pada diri kalian masing – masing wahai perempuan – perempuan muda generasi penerus bangsa🙂. Manfaatkan segala kesempatan baik yang ada di depan mata. Dengan niat yang baik, usaha, dan do’a Insya Allah semoga kita mampu untuk selalu memberikan kontribusi – konstribusi yang berguna bagi orang – orang yang kita sayangi disekitar kita dan bagi masyarakat luas. Jadikan dirimu sebagai salahsatu perempuan berkualitas untuk bangsa dan negara. Selamat Hari Kartini🙂 Lakukanlah hal – hal yang terbaik dari hal yang paling kecil. ^^

-EAP-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s