INILAH PERAN PENTING PEREMPUAN (!) (Kartini’s day)

PERAN STRATEGIS PEREMPUAN DALAM KEMAJUAN NEGARA

Evelina Astra Patriot (FKIP FISIKA 2010 UNSRI)

 

Perempuan menjadi sosok utama yang dipandang penting sebagai salah satu regenerasi untuk kemajuan bangsa dan negara secara global. Mengingat bahwa perempuan yang ada pada zaman sekarang sudah terlampau ikut andil dalam segala pengambil keputusan, faktanya bahwa perempuan sudah menjadi bagian dari parlemen pemerintahan yang merupakan posisi penting dalam pemrakarsa, pemberi ide ataupun gagasan – gagasan, dan ikut berperan dalam menyampaikan aspirasi rakyat banyak. Tidak dipungkiri bahwa mayoritas perempuan masa kini mulai dan sudah mengembangkan segala kemampuan, minat, dan bakatnya di segala bidang. Mereka sangat tanggap dan cermat dalam segala kegiatan – kegiatan kecil yang sifatnya sangat bermanfaat dan menguntungkan bagi keluarganya maupun bagi masyarakat sekitar. Dari hal ini menunjukkan bahwa perempuan pun mampu untuk ikut andil dalam pelaksanaan pencapaian tujuan pembangunan nasional demi kemajuan negara Indonesia.

Pada dasarnya pencapaian kemajuan negara dapat dilihat dari berbagai komponen pembangunan struktural dan fungsional  seperti ; aspek pendidikan, perekonomian, kebudayaan yang membudaya di masyarakat, serta aspek sosial antar masyarakat secara umum. Dalam hal ini, pentingnya perwujudan dan pencapaian segala aspek pembangunan dan kemajuan negara dibutuhkan sumberdaya manusia ataupun generasi yang sangat berperan penting dalam memberikan kontribusi berkualitas untuk mencapai tingkat kemajuan negara kita dari kondisi sebagai negara berkembang akan mampu menjadi negara maju yang tidak hanya sekedar maju dari sebagian aspek pencapaian kemajuan negara tetapi juga maju dan berkualitas tentunya di segala aspek yang hendak dicapai dengan semaksimal mungkin. Faktanya pada saat ini bahwa Indonesia perlu dan harus meningkatkan kualitas sumberdaya perempuan dengan maksimal untuk memanfaatkan peran perempuan ikut andil dalam berbagai aspek yang wajar bagi perempuan tentunya. Karena disini, perempuan pada era global ini pun ternyata mampu untuk menggerakkan roda pemerintahan di Indonesia dan mampu memberikan kontribusi yang sangat baik di segala aspek kehidupan. Melalui fakta – fakta pentingnya peran perempuan pada saat ini, maka penulis akan menyampaikan beberapa peran strategis perempuan dalam kemajuan negara yang dapat diamati dari berbagai aspek kemajuan negara mulai dari segi pembangunan, pendidikan, kegiatan sosial, dan lain – lain.

Kemajuan suatu negara merupakan pencapaian maksimal yang harus dicapai oleh suatu negara. Dengan target yang hendak dicapai dan mengharapkan hasil yang maksimal maka suatu negara juga akan membutuhkan sumberdaya dengan kemampuan maksimal pula yang dapat membantu mewujudkan pencapaian yang diinginkan. Lalu aspek apa saja yang harus ditingkatkan untuk kemajuan negara? Kita mulai dengan aspek pendidikan. Tidak dipungkiri bahwa aspek pendidikan merupakan target utama dalam peningkatan kualitas sumberdaya manusia yang pada dasarnya dibutuhkan kontribusinya untuk hal – hal tertentu disekitar kehidupan mereka secara khusus demi pencapaian tujuan pembangunan secara fungsional secara umum. Dan pendidikan menjadi sarana dalam menyiapkan sumber daya manusia yang tangguh untuk mengelola alam kita yang berlimpah demi kemakmuran kita bersama. Pendidikan yang mencerdaskan bangsa serta kompetitif dalam dunia global mutlak diperlukan oleh seluruh komponen bangsa dalam menghadapi semua persoalan di semua lini kehidupan. Dengan pencapaian pendidikan berkualitas dapat memberikan hasil sumberdaya manusia yang berkualitas pula, tentunya disini akan sangat berperan penting dalam pencapaian kemajuan negara sehingga kita mampu bersaing secara global di panggung dunia internasional dengan efek yang kita dapatkan bahwa Indonesiapun mampu untuk bereksistensi mengharumkan nama bangsa dan negara.

Lalu dimana peran strategis perempuan pada aspek pendidikan? Perempuan dapat memberikan kontribusinya dalam dunia pendidikan mulai dari hal yang kecil, yaitu mendidik anak – anaknya menjadi manusia yang terdidik dan pada akhirnya menjadi generasi berkualitas yang dapat memberikan kontribusi terbaiknya untuk masyarakat disekitarnya secara khusus, serta bangsa dan negara secara umum. Peran perempuan lainnya dapat kita temukan dalam profesinya sebagai guru. Di Indonesia, mayoritas guru di setiap jenjang pendidikan adalah perempuan. Disinilah letak strategis perempuan untuk memajukan negara dari segi pendidikan. Selain berperan penting mendidik anak – anak di keluarganya, perempuan juga harus mampu bertanggungjawab dalam profesinya sebagai guru untuk memanusiakan manusia. Artinya bahwa proses pendidikan disekolah juga merupakan pembentukan kepribadian(karakter), peningkatan kompetensi siswa untuk menjadikan siswa/i sebagai regenerasi penerus yang bermanfaat bagi dirinya sendiri, sekolah, dan masyarakat.

Perekonomian juga merupakan hal terpenting ke-2 setelah peningkatan kualitas pendidikan. Namun, pada dasarnya pendidikan yang berkualitas juga akan menimbulkan efek yang baik bagi perekonomian. Tentunya hal ini berlaku bagi orang – orang berkualitas yang mampu memanfaatkan pendidikan sebagai media untuk peningkatan kualitas hidup dari segala aspek. Secara tidak langsung, perempuan juga harus ikut andil dalam sistem perekonomian secara spesifik yakni kondisi ekonomi rumahtangga. Peran strategis perempuan lainnya dengan mudah dapat kita temukan dalam aspek perekonomian.  Perempuan juga mengemban peran penting untuk memajukan perekonomian masyarakat disekitarnya melalui berbagai kegiatan kewirausahaan. Nyatanya di masyarakat saat ini, bahwa sebagian besar ibu rumahtangga yang tidak memiliki pekerjaan tetap dan profesi sebagai wanita karier, kini telah mampu mengembangkan minat, membuktikan kemampuannya di bidang kewirausahaan yang digeluti. Dalam hal ini, tentunya sangat perlu untuk mendapat perhatian besar dari tokoh – tokoh penting di pemerintahan untuk membantu kegiatan kewirausaahan menjadi salahsatu tonggak penting bagi masyarakat untuk menjadikan hal ini sebagai modal dalam perekonomian kehidupannya. Dan disinilah letak strategis peran penting perempuan dalam dunia perekonomian. Dimulai dari hal – hal yang kecil dapat membawa efek yang baik secara global.
                        Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan adalah segi sosial dan budaya. Sosial dan budaya tidak akan lepas begitu saja dalam kehidupan masyarakat secara langsung. Apakah perempuan berperan penting dalam aspek yang satu ini? Jawabannya adalah iya. Secara nyata dalam kehidupan kita dapat menemukan perempuan – perempuan aktif dalam berbagai kegiatan sosial seperti membangun panti asuhan untuk anak – anak korban kekerasan, menggalang kegiatan bakti sosial yang pada nantinya akan digunakan sebagai bala bantuan untuk orang – orang yang membutuhkan. Bahkan perempuan juga mampu untuk ikut andil dalam membumikan budaya Indonesia sebagai salahsatu modal utama untuk memajukan dan meningkatkan eksistensi budaya Indonesia di dunia Internasional. Terbukti dari berbagai kegiatan mahasiswi di universitas ternama yang di amanahkan sebagai delegasi dari negara Indonesia untuk ikut berperan penting dalam kegiatan/pertemuan dengan delegasi lain dari berbagai negara. Dan hal yang terpenting perlu dicatat bahwa, mereka membawakan berbagai tarian, lagu khas dari Indonesia sebagai salahsatu bukti penting bahwa Indonesia terkenal dengan budaya yang unik dan beragam.

Jadi, dapat penulis berikan kesimpulan bahwa perempuan Indonesiapun mampu berperan penting dalam kemajuan negara dengan cara membangun dan meningkatkan kemampuan yang mereka miliki sebagai modal penting untuk menggerakkan segala aspek yang pada intinya sangat berguna bagi dirinya, keluarga, masyarakat, bahkan bangsa dan negara. Dengan pemanfaatan berbagai fasilitas yang ada seperti kesempatan (chance), kemampuan (ability), pendidikan berkualitas, sebagai media yang penting untuk menunjukkan dan membuktikan bahwa perempuan pun bisa berfungsi sebagai regenerasi yang berkualitas.


DAFTAR PUSTAKA  : 

Sondakh, Angelina. 2011 . Pendidikan Perempuan Dan Pembangunan Nasional (Refleksi Terhadap Pendidikan Jarak Jauh Ut). http://www.angelinasondakh.com/nsroom/artikel/pendidikan-perempuan.pdf. Diakses pada tanggal  21 April 2011 (online).

Takky, Neeta. 2011 .Upaya Pencapaian Kemajuan Pembangunan Oleh Negara-Negara Berkembang Dalam Segala Aspek. http://neetatakky.blogspot.com/2011/07/upaya-pencapaian-kemajuan-pembangunan.html. Diakses pada tanggal  21 April 2011 (online).

-EAP-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s