8 POIN POTENSI KREATIVITAS ^^

Manusia dilahirkan dan diciptakan oleh Allah SWT dengan segenap kelengkapan yang ia bawa ketika lahir di dunia. Salah satu kelengkapan yang unik dan membedakan ia dengan makhluk mana pun di sunia adalah akal. Akal manusia membuat mereka memiliki kemampuan untuk berkembang serta menghasilkan berbagai macam karya untuk kehidupannya menjadi lebih bahagia dan bermakna.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi adalah sebagai wujud dari kemampuan manusia untuk senantiasa melakukan perubahan menuju sebuah kemajuan. Allah SWT telah mencukupi manusia secara sempurna. Di alam raya tempat mahusia tinggal, maka disediakanlah berbagai macam kebutuhan manusia seperti udara untuk bernafas, tanah untuk tempat tinggal, buah dan sayur untuk makan, air untuk minum, warna untuk keindahan, irama bunyi untuk keharmonisan dan masih banyak lagi. Dan dalam dirinya secara pribadi Allah tidak juga hendak membiarkan hamba-Nya hidup didunia ini tanpa perangkat/bekal yang cukup, maka diciptakanlah manusia dengan segala kesempurnaannya.

Salah satu hal yang membedakan manusia dengan banyak makhluk Allah lainnya adalah potensi kreatif yang melekat pada dirinya. Potensi ini telah diberikan sejak manusia lahir ke muka bumi. Potensi kreatif adalah sebuah sumber daya yang dimiliki manusia dengan memanfaatkan sebesar-besarnya kekuatan akal dan fitrahnya untuk menciptakan banyak karya di kehidupannya.

Ada delapan potensi kreatif yang terdapat pada diri manusia :

  1. Linguistik/verbal, yaitu kemampuan untuk mengolah data dalam bentuk tulisan ataupun ujaran. Contoh orang yang memiliki potensi ini adalah Bung Karno, Yusuf Qardhawi, W.S Rendra, Chairil Anwar, dan N.H. Dini
  2. Logika / matematika, yaitu kemmapuan untuk mengolah sistem angka dan konsep logika. Contoh orang yang memiliki potensi ini adalah Aljabar, Bill Gates, B.J. Habibie dan Adnan Buyung Nasution
  3. Ruang/tempat, yaitu kemampuan untuk mengamati dan mengolah pola – pola desain. Contoh orang yang memiliki potensi ini adalah Pablo Picasso, dan Basuki Abdullah
  4.  Musik, yaitu kemmapuan untuk memahami dan mengolah konsep – konsep musik seperti nada, ritme, dan harmoni. Contoh orang yang memiliki potensi ini adalah Raihan, Mozart, dan Idris Sardi
  5. Gerakan tubuh, yaitu kemampuan untuk menggunakan tubuh dan gerakan, seperti dalam olahraga dan tarian. Contoh orang ang memiliki potensi ini adalah Michael Jordan, Rudi Hartono, dan Zinade Zidane.
  6. Intrapersonal, yaitu kemampuan untuk memahami perasaannya sendiri dan menjadi seseorang yang reflektif dan filosofis. Contoh orang yang memiliki potensi ini adalah Muhammad Al Ghazali dan Sayyid Hawwa.
  7. Interpersonal, yaitu kemampuan untuk memahami perasaan oranglain dan pikiran serta perasaan mereka. Contoh orang yang memiliki kemampuan ini adalah Bu kasur, dan Abdullah Gymnastiar.
  8. Transedental yaitu kemampuan untuk melihat relasi antara dirinya dengan kekuatan di luar dirinya sebagai Sang Maha Segala-galnya yang mempengaruhi hidupnya. Contoh : Bua Hamka, Abdul a’la Al Maududi dan Hasan Al Banna.

Seorang Profesor Pendidikan Dari Universitas Havard, Howard Gardner, menyimpulkan dari hasil penelitiannya bahwa semua orang memiliki kedelapan potensi tersebut. Hanya saja ada orang yang percaya bahwa dirinya kreatif, otak anda akan bekerja sesuai dengan keinginan anda. Ketika anda percaya pada ide – ide anda, anda akan memiliki kegigihan untuk mewujudkannya.

Ingatlah (!)
You were born creative and you are creative. And you can be creative anytime you want.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s