Khasiat Airmata Untuk Kesehatan

Setiap manusia tentunya memiliki airmata yang tidak terbatas jumlahnya. Banyak hal yang memacu airmata dapat keluar, dipacu oleh penyakit, emosional seseorang, maupun faktor – faktor yang lain. Tapi tahukah kamu, airmata yang mungkin sepele dipikirkan oleh beberapa khalayak ramai, tidak memiliki fungsi apa-apa untuk manusia. Benarkah? Let’s look it well🙂

1. Membunuh Bakteri

Dengan keluarnya air mata dari mata kita, maka kita tak lagi perlu membeli ataupun meneteskan obat tetes pada mata kita sebab air mata ini berkhasiat sebagai obat antibakteri yang alami. Kandungan berupa cairan di dalam air mata yang disebut juga sebagai lisozom sanggup membunuh sebanyak 90 sampai 95 persen bakteri yang ada di mata kita. Ampuhnya air mata ini bisa membasmi bakteri yang ada di dalam debu, kucekan tangan yang sudah terkontaminasi dari berbagai tempat mengandung bakteri bisa dibunuh hanya dalam waktu 5 menit saja.

Penelitian yang dilakukan di Minnesota menunjukkan bahwa menangis berguna dalam membantu proses pembuangan racun di dalam tubuh. Kandungan bahan kimia berbahaya dalam air mata yang tidak dikeluarkan akan menimbulkan stres. Selain itu, Dr Abigael San, seorang psikolog klinis menyatakan bahwa menangis juga bermanfaat dalam  mengurangi ketidakseimbangan bahan kimia dalam tubuh. Dalam keadaan seperti itu, otak akan mengirimkan perintah pada saraf untuk segera mengekskresikan zat kimia dalam tubuh sekaligus memberikan efek menenangkan.

2. Membantu Menjernihkan Pengelihatan dan Mata

Mata dan penglihatan kita bisa dijernihkan melalui air mata yang keluar dari mata kita. Cairan itu bisa membantu untuk mencegah adanya proses dehidrasi di membrane mata yang kadangkala ketika mata kita kering maka pandangan kita akan menjadi kabur dan tak bisa fokus.

Indera penglihatan pun juga terkena efek positif akibat menangis. Air mata mampu menjadi anti bakteri alami bagi mata. Bakteri terbunuh karena kandungan cairan lisozom yang terdapat pada air mata. Kelembaban mata pun akan meningkat sehingga mengurangi risiko pandangan yang mudah kabur. Jadi, menangis berguna dalam meningkatkan kemampuan visual seseorang.

3. Menangis membuat hati tenang

Seperti yang sudah dijabarkan sebelumnya, menangis mampu menjadi salah satu cara untuk meluapkan emosi tanpa menyakiti siapa pun. Usai menangis, perasaan akan menjadi lega dan tenang, serta lebih stabil.

4. Menangis membuat hidung menjadi sehat (untuk kesembuhan sinusitis)

Menangis pun memiliki manfaat bagi pernapasan. Penyakit yang menyerang saluran pernapasan salah satunya adalah sinusitis, yaitu radang sinus. Peradangan pada sinus akan mengakibatkan proses pertukaran udara pada hidung akan terganggu karena proses pengaturan kelembapan hidung tidak berjalan normal. Setiap tahun, penderita penyakit ini semakin meningkat. Penderitanya akan mengalami rasa sakit pada bagian kepala, perubahan warna lendir menjadi kuning kehijauan hingga mengakibatkan rasa nyeri di seluruh wajah yang tak jarang menimbulkan bengkak. Menangis dapat berguna sebagai cara alternatif untuk mengobati tekanan yang diakibatkan sinusitis.

So guys, apa yang salah dengan aktivitas menangis?😀 Suatu hal yang salah apabila menangis disalahgunakan berlarut – larut untuk tenggelam dalam kesedihan🙂

-Semoga bermanfaat-

4 thoughts on “Khasiat Airmata Untuk Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s