PERAN ILMUWAN DI INDONESIA DAN DI LUAR NEGERI

Indonesia merupakan salahsatu negara yang penuh dengan keanekaragaman agama, bahasa, adat-istiadat, budaya, sumberdaya alam beserta sumber daya manusia. Dalam mewujudkan indonesia yang lebih maju tentunya Indonesia menginginkan keberhasilan dan kemajuan dari segala sektor seperti agama, sosial, dan ekonomi. Demi mewujudkan negara yang lebih maju, Indonesia harus mengedepankan pembangunan sumber daya manusia yang ada di Indonesia. Mengingat bahwa SDM dari suatu negara merupakan hal utama yang terlibat dan memberikan pengaruh besar dalam kemajuan suatu negara. Semakin banyak kuantitas SDM yang berkualitas maka makin besar pula peluang Indonesia untuk memajukan berbagai sektor yang ada di negara Indonesia. Meskipun kita tahu bahwa, kerjasama antara SDM tersebut dengan pemerintah akan lebih meningkatkan kinerja yang baik untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik.

Lalu bagaimana cara untuk meningkatkan kualitas SDM tersebut? Indonesia telah mengedepankan pentingnya pendidikan yang layak pada setiap warga negara di Indonesia. Hal ini telah tercantum dalam Undang – Undang yang berlaku di indonesia pada pasal 28C
ayat 1 yang menyatakan bahwa “Setiap orang berhak mengembangkan diri melalui pemenuhan kebutuhan dasarnya, berhak mendapat pendidikan dan memperoleh manfaat dari ilmu pengetahuan dan teknologi, seni dan budaya, demi meningkatkan kualitas hidupnya dan demi kesejahteraan umat manusia”. Melalui kesempatan yang baik untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas tentunya akan sepadan dalam menghasilkan SDM yang kelas berguna untuk menjadi seorang ilmuwan yang mampu mengembangkan keahliannya serta menerapkan ilmu yang telah didapatkannya.

Indonesia mempunyai banyak ilmuwan yang bisa dijadikan sebagai panutan untuk menjadikan generasi SDM lebih baik lagi. Lalu dimana letak peran para ilmuwan di Indonesia ? para ilmuwan ini berperan untuk memberikan solusi bagi permasalahan yang ada di Indonesia. Misalnya Ilmuwan yang memiliki keahlian dalam bidang pangan dengan bekal ilmu yang ada dan telah berkiprah mengemban ilmu diluar negeri. Para ilmuwan ini sudah selayaknya dapat memberikan solusi tentang pengelolaan pangan yang baik di Indonesia. Permasalahan yang dihadapi oleh Indonesia tentang memberikan solusi yang terbaik untuk pengelolaan pangan yang baik sehingga akan berguna untuk kesejakteraan manusia dari segala tingkatan.

Ilmuwan yang memiliki keahlian dalam bidang ekonomi juga akan berperan sangat baik dalam hal memberikan kontribusi yang layak untuk pembangunan ekonomi di Indonesia. Memaang tidak semua jenis ilmu dapat kita terapkan di Indonesia mengingat bahwa Indonesia adalah negara berkembang yang mempunyai struktur wilayah, sistem yang berbeda dibandingkan dengan negara di luar Indonesia. Namun disinilan letak para ilmuwan agar mampu untuk mengembangkan keahliannya melalui proses adaptasi ilmu yang didapat diluar negeri dan dikombinasikan dengan apa yang ada di Indonesia tentunya akan menghasilkan solusi yang baru demi kemajuan pembangunan berbagai sektor di Indonesia.

Lalu dimana letak peran para ilmuwan di luar negeri? Seorang Dosen dari suatu universitas memberikan pernyataannya mengenai ilmuwan yang ada di luar negeri, Prof. Dr. Nur Syam, M.Si , menyatakan bahwa “Bukankah selama ini tidak diketahui secara pasti tentang bagaimana kiprah para ilmuwan Indonesia di berbagai belahan dunia. Memang dipahami bahwa banyak ilmuwan Indonesia yang kemudian mengembangkan keahliannya di luar negeri, namun sesungguhnya apa peran mereka di dalam pengembangan negara yang  ditempatinya untuk bekerja hampir tidak diketahui secara pasti”

Mellaui pernyataan dosen ahli diatas menunjukkan bahwa sulitnya para ilmuwan Indonesia untuk mengabdi kembali pada Bangsa Indonesia, mengingat kurangnya apresiasi pada para ilmuwan Indonesia ini yang berada di luar negeri. Para ilmuwan yang sedang mengembangkan ilmunya di luar negeri memiliki peran yang baik sebagai mediator atau perantara untuk mengembangkan keahliannya bersama ilmuwan asing. Para ilmuwan yang ada di luar negeri tentunya akan menjadi hal yang penting untuk meningkatkan kualitas ilmuwan tersebut. Ilmuwan yang mengemban ilmu di luar negeri mayoritas menjadi pekerja di luar negeri dan melakukan pengembangan riset mereka. Para ilmuwan ini memiliki peran yang penting untuk menjalin kerja sama yang baik dalam membagi ilmu serta saling bertukar fikiran ilmu yang ada pada Ilmuwan Indonesia dengan Ilmuwan Asing.

Peran para Ilmuwan ini menjadi sangat penting demi kemajuan pembangunan bangsa Indonesia. Melalui kerjasama yang baik antara warga negara, ilmuwan, serta pemerintah tentunya akan mampu untuk mewujudkan tujuan utama dari Negara Indonesia yang tercantum dalam Pembukaan UUD 1945 (alinea 4) yaitu “untuk membentuk pemerintahan Negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamian abadi, keadilan sosial”.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s