BAGAIMANA DENGAN AKTIVITAS MU?

BERAKTIVITAS PENUH MANFAAT

 

Hari libur merupakan hal terpenting yang diharapkan oleh para insan manusia yang bersibuk ria dalam aktivitas yang penuh dengan jadwal padat. Mulai dari pelajar, mahasiswa, pegawai sipil, bahkan keluarga presiden sekalipun mungkin akan membutuhkan hari penting yang bisa disebut hari “BEBAS” beraktivitas😀 Lalu bagaimana dengan anda? Apakah anda membutuhkan hari – hari yang seperti itu?

Layaknya pepatah yg mengatakan bahwa “tak penting seberapa lama kamu melakukan aktivitas, yang penting adalah seberapa banyak kualitas aktivitas yang kamu lakukan disetiap harinya” (like this?) Seperti itulah hal nya kita sebagai manusia yang penuh ativitas untuk memanfaatkan hari – hari liburan dimana anda akan mengatakan “aku butuh liburan” . Banyak hal yang bisa kita lakukan dalam memanfaatkan hari libur seperti mahasiswa/i yang mendapatkan jadwal liburan yang cukup panjang, bisa dari 3 minggu bahkan sebulan. Lalu apa yang akan anda lakukan dalam rentang waktu selama itu?

Bagi beberapa kaum adam yang menjalani aktivitas dihari libur ini, tentunya mereka akan mulai menyusun rencana bersama teman – teman sejawatnya untuk mengunjungi tempat – tempat rekreasi yang telah mereka jadwalkan. Lalu bagaimana dengan para kaum hawa yang sangat sulit mendapatkan izin dari orangtua untuk melakukan aktivitas liburan seperti kaum adam? Sama halnya dengan saya sebagai seorang mahasiswi yang sangat sulit mendapatkan izin untuk memanfaatkan hari libur untuk berlibur ditempat – tempat yang ingin saya kunjungi.

Banyak hal yang dapat kita lakukan sebagai mahasiswi untuk melakukan aktivitas yang bermanfaat dalam mengisi hari – hari liburan yang “membosankan”. Salahsatunya menulis! Menulis merupakan hal simpel yang dapat kita lakukan untuk mengisi hari libur. Dengan adanya kegiatan menulis tentunya tidak akan membuat otak kita menjadi kaku selama liburan. Dengan adanya kegiatan men ulis akan membuat kita menjadi lebih bersemangat untuk menjalani hari esok yang lebih baik dan menceritakan hari ni lewat tulisan – tulisan kecil melalui dear diary yang anda punya . Lakukan kegiatan ini dengan rutin. Dalam ruanglingkup kecil anda bisa menceritakan aktivitas yang anda lakukan hari ini. Anda bisa meluapkan apa yang anda rasakan hari ini dan membayangkan kegiatan apalagi yang anda bisa lakukan untuk besok.  Tidak ada salahnya melakukan kegiatan kecil ini. Melalui kegiatan yang kecil ini ternyata memiliki manfaat yang begitu besar. Salahsatu penulis blog ini menyatakan penemuannya yaitu : Menulis bermanfaat bagi kesehatan mental seseorang. Profesor psikologi Universitas Texas, James W. Pennebaker, Ph.D., dalam bukunya Opening Up: The Healing Power of Expressing Emotions menulis bahwa “kondisi mental orang yang biasa mengekspresikan emosi dan isi pikiran dengan cara menulis lebih stabil jika dibandingkan dengan orang yang tidak terbiasa menulis.” Penulis aktif lebih mampu mengendalikan stres. dikutip melalui :  (http://catatanharianfebri.blogspot.com/2011/09/manfaat-menulis-catatan-harian.html). Lalu apa lagi yang anda tunggu? Menulis bukan hal yang membosankan dan merugikan bukan?

Jikalau anda merupakan tipe manusia yang sangat susah untuk membiasakan menulis secara manual, anda bisa menceritakan aktivitas – aktivitas anda hari ini lewat situs sosial misalnya blog, note, dan lain sebagainya. Bahkan bagi anda yang merupakan photos-holic bisa meng-upload foto – foto alay anda dalam blog tersebut😀 Hal yang menyenangkan bukan? Melalui aktivitas – aktivitas ini anda juga bisa share sesama sahabat karib anda untuk berceloteh mengenai aktivitas liburan anda selama dirumah. Dengan kegiatan ini anda juga tidak akan merasakan kesepian tentunya😀 Sama halnya dengan saya, yang selalu memanfaatkan blog sebagai media untuk curhat hari – hari kelam selama liburan😀 (like this)

 

 Hal lainnya yang dapat anda lakukan adalah memasak! (tidak hanya berlaku bagi kaum cewek) Bagi kaum cowokpun memasak juga bisa dilakukan dengan rutin. Pada dasarnya wanita juga menyukai pria yang memiliki kemampuan dalam memasak😀 Hal positif yang didapatkan dalam memasak adalah bahwa memasak dapat meningkatkan kreativitas anda dalam hal kuliner – kuliner yang unik. Akan ada rasa puas tersendiri bagi anda apabila telah menciptakan kreasi yang baru dalam memasak. Selain itu, memasakn juga merupakan hal yang positif bagi mahasiswa/i yang merupakan mayoritas anak kost. Dengan menciptakan kreasi yang baru dalam memasak, ada hal positif yang dapat anda terapkan selama dalam rumah sewa yang anda tempati. Bisa berbagi menu dengan teman se-kos anda bahkan bisa menjadikan hasil kreasi anda sebagai variasi menu untuk makan sehari – hari.

Aktivitas lain yang saya rekomendasikan sebagai pengisi waktu luang selama liburan adalah MEMBACA. Hal terpenting yang dapat kita lakukan sebagai mahasiswi/a yang membutuhkan kebiasaan membaca yang baik. Buku yang dapat anda baca adalah jenis – jenis buku yang anda suka tentunya, bisa berupa buku yang fiksi dan non- fiksi. Bagi anda pencinta novel, anda bisa mengunjungi toko buku terdekat untuk melihat novel  ter-update yang anda sukai. Dengan kegiatan ini tentunya akan menimbulkan hal yang positif untuk meningkatkan semangat anda dalam menjalani aktivitas.

 

 

Dalam riset kecil yang saya lakukan melalui pertanyaan – pertanyaan singkat tentang membaca. Sebagian dari mereka menyatakan bahwa setelah membaca ternyata lebih meningkatkan semangat untuk menjalani aktivitas selain itu lebih membuat mereka mencintai aktivitas “membaca” . Dengan membaca mereka menjadi lebih kreatif  untuk melakukan kegiatan menulis cerpen, puisi, dan karya tulis lain sebagainya. Sesuai dengan hasil pencarian saya  melalui situs online bahwa Membaca akan meningkatkan kedisiplinan. Satu dari empat orang tak pernah menyelesaikan satu buku pun untuk dibaca. Kita sering beralasan tak ada waktu untuk membaca buku. Justru saat itulah kita ditantang untuk memanfaatkan waktu-waktu senggang untuk membaca. Sisihkan sepuluh-dua puluh menit tiap hari untuk membaca buku. Dikutip dari : (http://fianzoner.blogspot.com/2011/01/manfaat-membaca.html).
Lalu apa sulitnya untuk meluangkan waktu dengan membaca? Apa sulitnya mencari buku – buku favorit anda dan membacanya dengan bersemangat? Ada banyak hal yang positif bisa anda dapatkan melalui kegiatan ini.

Lain halnya dengan tipe individu yang mencintai aktivitas berdiam diri dirumah, mungkin dengan melakukan kegiatan olahraga dipagi hari juga dapat menjadi aktivitas pilihan untuk mengawali kegiatan dihari libur dengan bersemangat. Olahraga merupakan aktivitas yang seharusnya rutin untuk dilakukan setiap pagi sebelum beraktivitas. Dominan bagi para mahasiswi kurang menyambut baik aktivitas ini, mereka akan lebih memilih untuk berdiam diri sambil berceloteh ria dikamar mereka. Tapi tahukah anda manfaat besar yang bisa kita dapatkan dari kegiatan berolahraga? Selain menyehatkan tubuh, olahraga juga dapat memperlancar darah pada kepala kita. Menjadi sehat tidak merugikan, bukan? Jenis olahraga yang dapat anda lakukan secara rutin bisa dengan lari pagi, bermain badminton, tenis ataupun bersepeda. Salahsatu jenis olahraga yang sampai saat ini kian menarik perhatian adalah bersepeda. Bersepeda juga menjadi alternatif olahraga yang rutin dilakukan oleh keluarga, mahasiswa/i, maupun pelajar sekalipun. Bahkan bersepeda kini masih menjadi alternatif sebagian penduduk dalam berkendara . Selain bermanfaat dalam hal untuk menyehatkan tubuh ternyata berkendara menggunakan sepeda juga mampu mengurangi polusi di kota.

 

Jadi, banyak aktivitas yang dapat anda lakukan seperti menulis, membaca, dan memasak bahkan berolahraga rutin untuk mengisi hari libur di rumah. Anda memilih aktivitas yang mana? Semua jenis aktivitas yang positif untuk mengisi hari libur anda dirumah akan menjadi menyenangkan. (EAP)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s